Me, Zepeto & 3D Modelling with Blender

by - Saturday, August 07, 2021

 

Game should fun and entertaining, not wasting time and money, I don’t wanna work game.
Begitulah tanggapan Rere (19) saat melihat bocil-bocil di sekitarnya minta duit untuk top-up Google Play dan nongkrong di warkop buat war COC.
 
Rere 23 tahun be like :

enak banget ya ludah sendiri 

 
Anyway, entri ini udah nangkring di draft sejak seminggu yang lalu, dan pas akhir minggu kemaren 1M1C bikin voting pemilihan tema dan ada tema permainan, aku happy mungkin bisa submit ini sebagai tulisan sesuai tema. Sayang sekali, walaupun tema yang terpilih itu Petualangan, tapi tetep aja entri ini harus naik minggu ini. 

Aku main Zepeto itu sekitar 2019 lalu, alasannya sesimple pengen bikin avatar 3D kaya Iphone dan pengen seru-seruan bareng temen. Waktu itu fiturnya masih simple banget, tak ubahnya game dress up lainnya, Cuma bedanya karakternya 3D dan kita bisa bikin stiker dari avatar tersebut.

Karna emang ngebosenin, aku uninstall. Tapi entah karna makin kesini pilihan outfitnya makin lucu, aku jadi kejebak buat beberapa kali install-uninstall. Sampai akhirnya aku berhenti install pas henfon kentangku gak lagi kuat buat ngeload gamenya yang makin hari ukurnnya makin bengkak. Dan jadi satu satunya game yang aku install setelah aku ganti henfon. Game yang akhirnya mematahkan prinsip aku 4 tahun yang lalu itu. Well, Sebenernya aku juga baru sekali top-up untuk game ini, tapi untuk aku yang nggak pernah kepikiran buat top-up game atau bikin subscription sebelumnya, hal ini merupakan pengeluaran yang sangat gak guna.

Zepeto sendiri awalnya merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mengcotumize avatar 3D, aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang sama dengan pengembang aplikasi kamera Snow, Soda dan B612 yaitu Snow Corp. Di tahun 2021 game ini menjadi berkembang dengan adanya banyak kolaborasi dengan brand-brand ternama seperti Gucci, Disney, bahkan dengan grup-grup K-Pop kesayangan hingga NIKI dan Selena Gomez. Ditambah lagi dengan fitur World and Crew dimana user bisa chating and making friends dengan user all over the world.
 
Buat yang penasaran, berikut ini cara bermainnya.
 

Pertama kita bakal disuguhin loading page, kalau sudah mempunyai ID tinggal login dan yang belum mempunyai ID bisa create a new avatar dan ikutin aja step-stepnya.




Kita bakal diberi pilihan untuk memindai wajah kita untuk jadi avatar atau memilih beberapa avatar yang sudah tersedia. Anyway gausah khawatir kalau penampakannya gak sesuai yang kita mau, kita bisa menkostumisasi nanti.


Main pagenya seperti ini. Ada keterangan tentang balance, absen, kemudian ada avatar kita dengan latar belakang interior. Di samping avatar ada 2 icon, paling atas untuk kostumisasi avatar dan room, sedangkan tombol di bawahnya untuk mengambil gambar.
 
tampilan untuk kostum avatar dan room


Di bawahnya ada fitur-fitur yang bisa kita pakai untuk menambah balance dengan menyelesaikan questDiikuti dengan feed dari teman-teman lainnya dan di bawahnya diikuti dengan world yang bisa kita pakai untuk bertemu dengan user yang lain.
 

Di panel bawahnya itu 5 tombol masing-masing untuk ke home, world, create, feed, dan feed account kita. Tampilan kita yang seperti instagram inilah yang dilihat user lain saat mengklik ID kita.
 
Here is my Zepeto Character, her name is Linlin-Evelyn. I spent a bunch hours to just adjusting her facial features to get  face that I wanna see for a long time. Cute, right?
 

I also spent my time to create item there,  sayangnya item haru di seleksi selama sekitar 3 minggu sebelum akhirnya diapprove menjadi item for sale.
 

And the krezziesssssssssstttttttt part is…. semenjak beberapa hari yang aku mulai ngubek-ngubek Blender buat belajar bikin 3D item buat Zepeto.

Okay, 3D modeling itu bukan hal yang sepenuhnya asing buat aku, sebab aku sempat dapet materi 3D sewaktu sekolah. Tapi aku waktu itu juga nggak take it seriously, Cuma pengen sekedar menuhin tugas aja. Makanya aku agak kesulitan buat mulai belajar lagi, apalagi aku dulu biasa pakai software 3DsMax, dan agak susah buat adaptasi sama interface blender (walaupun serupa). Its been  a week since I starting Blender, tapi nggak ada satupun hasil kerjaan yang bisa aku pamerin lol.


Anyway, kalian sekarang suka ngegame apa? And what do you think about game berbayar atau top-up buat beli koin game?

You May Also Like

2 comments

  1. Omg, mantap bangettttt Re, sampe nyobain Blender. Aku tuh anti banget sama software 3d modeling, liatnya aja udah serem lantaran jiper duluan, hahahha.... so its an exquisite thing you done, karena game bisa ngulik software 3D!

    Aku sendiri baru tahu zepeto itungannya game dan ada pilihan top-up berbayar. aku bukan gamer, tapi kalau udah suka sama satu game biasanya setia (cie...). Game favorit yang aku mainkan sekarang juga sejenis zepeto karena berupa game dress up. Tapi dia 2D dan ada unsur RPG-nya. Namanya love nikki.

    Soal topup, ga masalah sih selama itu duit dia sendiri dan emang dia udah menganggarkannya :D karena game juga hobi yang bikin hati senang, gak masalah kan ya, game developer juga bisa dapat uang karena kita mendukung kerjaan dia, hahaha...

    (iya nih, soalnya aku juga suka top-up game. nggak besar sih, tapi ada aja anggaran topupnya) wkwwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh-aduh emang aku ini tipikal orang yang suka bikindiri sendiri susah kayanya Mbak Meg :'((( tapi lumayan sih jadi bisa buat ditambahin di resume :'((

      Kok bisa setia sih sama game :'(((
      Iyah love nikki, pernah main juga dulu, cuma nggak sampai install app aku, cuma lewat web facebook aja. Lucu-lucuuuuu kostumnya.

      Iyasih mbak, dewasa ini kita jadi dituntut buat makin bijak dan lebih rela ngeluarin duit buat subscribsion atau topup, toh kita malah jadi bagian dari developer. Karna memang nggak ada hal yang bener-bener bisa kita nikmati secara free, kecuali nafas.

      Delete