Fungsi dari Media Sosial #1

by - Friday, August 20, 2021




Bisa dibilang aku agak telat kenal internet. Tapi kalau mengingat usia sih, aku rasa usia 12 tahun 2010an tuh cukup pas buat mulai surfing di internet yang isinya sangat beragam, yah walaupun tidak seberagam sekarang. Untuk platform yang paling populer waktu itu ya facebook, disusul twitter dengan 140 karakternya.

Dari fitur yang dihadirkan pun keliatan jelas bagaimana membedakan fungsi dari keduanya. Facebook, untuk membagi kenangan bersama orang yang kita kenal. Kalau twitter kayanya memang digunakan sebagai platform sambat sejak awal diluncurkan.





Facebook dari dulu cuma punya kapasitas untuk menampung 5000 pertemanan, angka yang sangat banyak sebenernya, tapi beda cerita dengan pertemanan online, di mana kita cenderung ingin connect dengan orang sebanyak yang kita bisa.

Untuk itu pihak facebook tidak menyarankan seorang public figur menggunakan account pribadi, dan memberikan fitur page yang bisa diikuti banyak orang. Termasuk Mark Zuckerberg pun sering memposting kesehariannya di fanpage miliknya.




Berbeda dengan Twitter yang sama sekali tidak memberikan limit pertemanan. Akan tetapi Twitter punya sesuatu yg menarik, yaitu keeksklusifan. Yaitu satu username untuk satu akun, verifikasi centang biru,  dan twitter for bussiness. Hal yang kemudian diadaptasi sebagian besar sosial media di kemudian hari.

Di rentang tahun yang sama, ada satu media yang sangat berkembang di dunia anak muda, media sosial yang menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah reformasi cara dan fungsi bermedia sosial. TUMBLR. Lo pake tumblr : lo keren banget.




Tumblr sendiri merupakan sebuah ekosistem di mana kita bisa dapetin a bunch of inspo to do ur make up, how to dress like xxx aesthetic, share ur outfit, share ur poem, share ur artworks, and any other cool (and toxic) things. Hal yang sangat common kita temuin di media sosial jaman sekarang.

Karna aku ingin postingan ini ringan, jadi aku bakal membagi fungsi media sosial ini menjadi beberapa part. Dan the next part would be talking about tumblr.

Anyway ada yang masih inget Friendster sama Myspace gak? Kalau masih inget dan mungkin pernah pakai, sharing dong!! Aku penasaran banget, sayangnya pas aku mulai main internet kayanya udah jarang yang pakai 2 platform tersebut. 

img src :
https://statik.tempo.co/data/2014/02/05/id_260777/260777_620.jpg
http://g1.globo.com/Noticias/Tecnologia/foto/0,,39134153-FMM,00.jpg
https://i.ytimg.com/vi/N1VZIx77akE/hqdefault.jpg




You May Also Like

4 comments

  1. Aku dulu pernah main Friendster πŸ™ˆ kalau Myspace hanya sekedar sering dengar namanya ajaa, belum pernah coba langsung hahaha.
    Kalau Friendster seingatku agak mirip Facebook, ada wallnya juga, tapi kita bisa pakai tema-tema gitu di profile FS kita. Cuma itu aja yang aku ingat karena aku nggak terlalu lama main FS dan saat itu aku baru kelas 5/6 SD gitu jadi ingatannya udah samar wkwk *nggak membantu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayanya, aku cuma pernah sekali buka sitenya tapi itupun pas orang orangudah urbanisasi ke facebook hahahaha. kayanya myspace lucu deh hahahahaha.

      Delete
  2. aku dulu pacaran lewat friendster (sebuah pengakuan dosa). Jaman mobile friendster mulai musim, kami make fitur wall udah kayak fitur sms. soalnya lebih murah. pokoknya yang banyak postingan di wall dia yang paling gaul.

    kalau myspace dulu cuma punya karena ngefollow band. jadi berasa paling edgy gitu kalo punya myspace. gak aktif sih karena lebih aktif juga di friendster. ketika facebook datang, kesannya formal banget kayak orang kantoran doang yang punya. dari situlah bikin facebook pakai nama asli, dan bersyukur banget gak bikin nama facebook g4ul k@y@K g!n!. Sekarang kan susah ganti namanya hahahaha...

    Selain itu ada multiply dan xanga yang dipake jadi sosmed+blog. aku kayaknya dulu nyobain banyak banget sosmed deh. emang kuncen internet sejak kecil πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh aduh kuncen internet lol, tapi mengingat Mbak Mega juga pernah pacaran di friendster aku sih, 인정 πŸ‘

      aduh kalau mau ngerubah nama facebook cuma bisa 2bulan sekali. eh tapi dulu di friendster ngetiknya g4uL juga gak?

      berarti my space itu modelannya kaya tumblr gitu ya mbak? buat ngumpulin orang-orang edgy?

      Delete