Refresh Pikiran Bareng Animasi Studio Ghibli

by - Thursday, July 22, 2021



Semenjak baca postingan Kak Frisca soal animasi Studio Ghibli, aku jadi nyadar kalau wallpaper atau scene-scene indah yang sering aku lihat di pinterest tu kebanyakan dari movie mereka. Aku penasaran banget pengen nyusul nonton, sayangnya aku gak tau harus mulai dari mana.

Baru sekitar dua bulan lalu pas lagi ngobrolin anime sama seorang temen, aku minta saran film Ghibli yang mana yang harus aku tonton banget. Dan temenku kaget banget pas aku bilang aku belum nonton satupun. Well aku sendiri gak tau kenapa gems sebagus itu bisa kelewatan dari aku.


Yang pertama aku tonton itu Kiky's Delivery Service, tentang perjuangan penyihir kecil bernama Kiky yang merantau bersama kucingnya. Seperti yang tadi aku bilang, aku familiar banget sama Jiji, kucing hitamnya, yang sering banget mondar-mandir di homepage pinterest atau meme twitter. Sepanjang film, rasanya termanjakan banget nonton visualisasinya yang bener-bener indah. 


Walaupun buat aku yang udah setua ini, rasanya apa yang dialami Kiky ini agaknya sedikit lebih mudah dan selalu terselesaikan dengan ajaib, tapi aku sih yakin untuk Rere di usia 9 tahun pasti bakal menikmati banget alur cerita seperti ini.


Sehari sebelum artikel ini mulai ditulis, aku habis nonton Spirited Away, cerita seorang anak biasa bernama Chihiro yang terjebak di dunia lelembut lol. Sebenernya aku kepengen banget nonton ini gara-gara aku penasaran banget setelah liat meme seorang balita yang pakai kostum salah satu hantu dan bikin temen-temennya takut, selain itu juga sebab aku kemaren habis nonton video Mina Le yang membahas kostum mereka. 


Aku terkesan sama pesan moral yang disampaikan, seperti terlalu rakus dan makan sembarangan nggak bikin kita sehat (alias harusnya aku nonton ini pas masih di kos lol). Walaupun aku masih kurang paham kenapa sifat Chihiro bisa berubah secepat itu dari pemalas dan hopeless, jadi cepet paham, tenang dan bertekad kuat.


Visualisasi juga bukan main bagusnya, aku suka banget sama pemandangan dari balkon kamar Chihiro sama padang rumput yang ada patung-patungnya. Tapi yang paling ikonik tetep si hantu tanpa muka si, i even have him on my wallpaper lol.





Dan hari ini aku lanjut nonton Arriety si gemas, manusia mini yang tinggal di bawah rumah manusia bersama orangtuanya. Cerita yang bener-bener ngebawa aku ke masa kecil di mana aku berandai-andai bonekaku bisa hidup dan diajak ngobrol, dan aku yang selalu hidup di dalam duniaku sendiri. Aku suka banget sama kamar Arriety yang kaya taman rustic, serba hijau dan segar. Walaupun alur ceritanya sedikit ngambang, i enjoy it so much and i wish i have an Arriety in my room.


Dan dari ketiga film itu aku jadi ngerti kenapa banyak banget orang yang mengagungkan anime mereka, even ada yang bikin tattoo dari salah satu karakter. Dan yang pasti visualnya gila keren banget, adem seger dan very pleasing to watch. Alurnya yang ngeflow lambat dan ringan, masih bisa aku nikmatin setiap scene. Kayanya bakal seru banget kalo bisa nonton ini di bioskop.


Next aku pengen nonton Totoro, gemes banget makhluk-makhluknya.

Anyway animasi apa yang jadi favorit kalian? Sharing di bawah yukk.

src : as linked.

You May Also Like

7 comments

  1. Kalau dari Ghibli yg favorit itu Princess Mononoke sama The Wind Rise. Totoro juga bagus, makanya jadi ikon si kucing genderewo itu.

    Kalau anime secara keseluruhan, ada banyak, makanya selalu ada bahan buat nulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing Genderuwo 😭😭 aku gak pernah kepikiran itu hewan apa 😭
      Penasaran juga sama Princess Mononoke sama The Wind Rises, aduh kalo mau nonton semuanya secara marathon sehari gak cukup.

      Delete
  2. Wahhh, saya juga lagi senengnya nonton anime nih kak. Rekomendasi Princess Mononoke, Wolf Children, Your Name, Silence Voice. Paling rekomendasi bagt itu Hotarubi No Mori e. Dijamin bikin nangis huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Wolf Children saman Hotarubi No Mori baru denger ini, searching searching dulu 😭
      Thankyou rekomendasinya 🥰

      Delete
  3. Aku suka Grave of The Fireflies (ini sedih buanget) sama Ponyo 🙈. Tapi Grave of The Fireflies paling favourite! Sampai nonton berkali-kali dan masih berasa sedihnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh Lia aku jadi penasaran banget 😭😭 Mau nonton sehari satu deh biar cepet ketonton semuanya.

      Delete
  4. Kalo Studio Ghibli favorit saya Spirited Away sedangkan kalo non Ghibli saya suka 5cm per Second karena nuansa syahdu yang dibangun dengan cerita dan animasinya.

    ReplyDelete