Kol Gulung, Rolled Cabbage

by - Sunday, March 14, 2021



Kemaren aku lagi kepengen banget makan dumpling, tapi nyari-nyari kulit pangsit di pasar gak ada yang jual. Terus aku keinget kol gulung yang suka ada di somay sama batagor tapi kadang kerasa sebah(hambar) gara-gara kelamaan dikukus, jadi aku sok ide bikin kol gulung tapi dikasih isian.

Dan beginilah cara aku bikinnya.

Pertama aku suwir-suwir kol terus aku cuci (better kalo kolnya masih lembaran utuh), setelah itu kol tersebut aku kukus. Karna di sini aku pakai rice cooker jadi aku didihin dulu air di dalamnya sebelumnya.



Sambil nunggu kolnya letoy, aku bikin bumbu uleg buat isiannya pakai 1 siung bawang putih, 2 buah bawang merah, 2 buah cabe (ini gak perlu sih sebenernya), ketumbar, garam dan gula secukupnya biar isiannya gurih. Bumbu uleg tersebut lalu aku masukkan ke ke dalam wadah yang udah aku kasih tepung terigu sekitar 3sdm. 

Isiannya sendiri aku super ngawur dan seadanya aja, wortel, tomat, daun bawang dan seledri yang aku potong kecil-kecil. Setelah itu aku tambahkan air secukupnya sampai aku adonannya rasa sudah cukup kental dan gak keenceran, jadi mirip kaya adonan bakwan/bala-bala. Sebagai tambahan dadi kengawurannya, di sini aku juga nambahin oatmeal.



Enggak lupa juga buat cek kolnya tadi, pas udah cukup letoy dan bisa digulung, aku angkat kolnya dan mulai aku isi dengan isian yang telah dibuat tadi lalu digulung. Aku agak kesulitan bikin bentuk yang rapi gara-gara kesalahanku motong kolnya wkwkwkwkw. Tapi beruntung pas dikukus gak ada yang bocor dan netes ke mana-mana.


Setelah itu, aku kukus lagi semua gulungan kol di dalam rice cooker. Mereka ini aku kukus sekitar 15-20menit, pokoknya sampai adonan tepung di dalamnya matang. Anyway mereka ini gak ldr ya, tapi memang aku buatnya sedikit dan takut gak ada yg doyan wkkkkk.

Dannnn this is it .... Rolled Cabbage with Mixed Veggies ala Rere Queennn ....


Sisa adonan isian tadi akhirnya aku tambahin bahan terus aku goreng aja gara gara takut kebanyakan. Alhamdulillahnya, kol gulungnya dihabisin adek aku padahal aku baru makan 2 gulung ajah ueueueue.

You May Also Like

1 comments