AI Her, Korean Webseries

by - Wednesday, March 03, 2021



AI Her merupakan webseries yang begenre Sci-Fi Thriller dari Newplus. Yang menarik dari webseries ini adalah pengambilan setting waktu yang jauh di masa depan, di saat perbedaan antara dunia manusia dan AI sangatlah tipis. 

Ide cerita yang didasarkan dari perkembangan teknologi ini semakin menarik, karena adanya fakta dalam universe series di mana komputer bisa mentransmisikan data ke dalam otak manusia. Data tersebut bisa berupa pengalaman, perasaan dan bahkan keahlian. Proses transmisi data tersebut disebut sebagai Mental Plastic Surgery.



Dalam trailer berdurasi 61 detik, cukup menggambarkan seperti apa nantinya jalan cerita dari serial ini. Mental Surgery, membeli pengalaman membunuh, dan beberapa pengalaman lain mampu menarik perhatian dari audience. Visual yang ditampilkan juga terlihat futuristik, serba bersih dan minimal, kecuali tempat yang berlatar di luar negeri dan tempat warga sipil yang masih terlihat apa adanya. 

Dalam trailer yang berdurasi 61 detik ini juga ada voice over yang menarik, "신이 인간을 잘못 만들었거나, 인간이 신을 잘못 만들었거나" yang berarti "Apakah Tuhan salah dalam menciptakan manusia, ataukah manusia yang salah dalam menciptakan Tuhannya?" Walaupun memang benar premis pertama sudah tidak benar, alias mana mungkin Tuhan membuat kesalahan (anyway baru-baru ini juga sempat trending pertanyaan yang serupa di Tiktok dan cukup banyak juga yang membahas soal Omnipotence Paradox ini).  Tetapi pertanyaan ini seperti menjadi mungkin dipertanyakan melihat dari keadaan dunia manusia yang penuh kesalahan dan manipulasi dari teknologi. 

Dari 3 episode yang sudah tayang, setiap episode menceritakan kisah dari client yang berbeda namun saling berhubungan. Setiap client pun meminta surgery yang berbeda dan akan ditangani AI yang berbeda juga tergantung dari keahlian yang dibutuhkan. Dalam surgery ini ada voice over yang akan menghubungkan antara AI dengan client, voice over ini juga akan terus membimbing sampai client menyelesaikan keinginannya. Client juga akan terus berada dalam pengawasan pusat surgery ini (aku sendiri masih belum begitu kapan sampai kapan client akan dipantau).

Series garapan Lee Jungsub ini mulai tayang di kanal Youtube Newplus Original pada 7 April 2020. Namun sayang sekali dikarenakan adanya pandemi global, series yang seharusnya terdiri dari 6 episode ini baru ditayangkan 3 episode saja dengan 3 eposode lain harus diundur penayangannya dikarenakan memang banyak scene dari series ini yang mengambil latar tempat di luar negeri.

Sangat disayangkan serial ini cukup underate dan tidak terlalu banyak dibicarakan netters. Aku sendiri juga mustahil bakal nonton kalau bukan karna salah satu Korean Idol yang aku ikuti menjadi salah satu cast, AOA's Chanmi. Chanmi sendiri berperan sebagai Joori, sebuah AI dengan kemampuan membunuh dan atletik. 



Untuk kalian yang membaca ini, aku highly recommended this web series to you karna menurut aku cukup worth to watch karena memberikan gambaran lain dari teknologi masa depan yang selama ini selalu digambarkan sebagai robot penghancur, mesin waktu, peperangan, pemimpin diktator dan senjata perusak skala besar.  Untuk yang kurang bisa handle adegan pembunuhan, ih tapi gak bisa sih, adegannya cuma dikit bisa diskip dulu (kok maksa  banget yaah). Hanya satu saja kekurangan dari serial ini, penundaannya, yah semoga pandemi global ini bisa segera teratasi dan seluruh lapisan masyarakat bisa beraktifitas dengan san asgat merdeka dan perekonomian pun bisa segera dipulihkan. Aamiin.

You May Also Like

0 comments