Bagaimana Aku Menyembuhkan Luka With Traditional Vibes

by - Tuesday, January 05, 2021


Dulu pas aku masih kecil aku anaknya blangsakan banget, akibatnya ya dikit dikit jatuh, kena pisau, kegores daun yang tajam dan lain sebagainya. Namun karena aku tinggal di daerah pedalaman, aku nggak mengenal plester kalau lukanya nggak terlalu dalam. 

Jadi pertolongan pertama yang selalu diberikan adalah dengan menggunakan daun wedhusan atau mungkin di daerah lain dikenal dengan nama daun bandotan. Dalam bahasa ilmiah disebut Ageratum Conyzoides Linn atau disebut juga sebagai Billygoat-weed, Goat Weed atau Chick Weed karena baunya yang menyerupai bau kambing (menurut Wikipedia). Buatku sendiri baunya memang khas tapi nggak kaya bau kambing juga sih. Sedikit sengir namun segar, kalau masih baru dipetik.

Tumbuhan ini tumbuh liar di sekitar rumah dan kebunku, maka dari itu pula selalu dijadikan obat utama karena mudah banget ditemukan.  Menurut Wikipedia juga, selain di daerah Indonesia, tumbuhan ini juga meliar di daerah Brazil, Amerika Selatan dan daerah tropis lainnya.

Kalau untuk menyembuhkan luka, biasanya aku langsung memetik daunnya yang cukup lebar. Lalu diremas-remas hingga layu dan ditempelkan hingga menutupi luka. Biasanya aku mengganti daun tersebut selesai mandi, atau kalau luka akibat jatuh kadang aku biarkan saja sampai daunnya benar-benar kering.
kegores daun pintu wkwkw


Mungkin hal ini berguna buat teman-teman yang suka mendaki dan kehabisan stok perban dan plester, jadi cukup membantu untuk mengobati luka-luka kecil. Karena memang tumbuhan ini mudah banget ditemukan di kebun-kebun.

Selain difungsikan untuk menyembuhkan luka, dari yang aku baca, banyak yang menggunakannya untuk mengobati penyakit dalam. Bubuknya pun sudah bisa ditemukan dengan mudah di marketplace, sayangnya aku belum mencoba sendiri jadi nggak berani menyebutkan seberapa ampuhnya tanaman ini untuk mengobati penyakit dalam.

You May Also Like

3 comments

  1. Re, nggak nyangka masih ada anak muda yang suka pakai herbal sebagai obat 😍 keren sekaliiii 😍. Kebanyakan anak zaman now kan sulit menerima herbal sebagai obat karena baunya yang aneh hahahaha
    Btw, ini daunnya hanya berfungsi sebagai plester atau benar-benar bisa membuat luka jadi lebih cepat sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha padahal bau obat obatan kimia tuh juga aneh, kalo herbal gini walaupun aneh tapi seger.
      Ini buat nyembuhin sih, di luka jadi cepet kering. Keringnya seberapa lama itu tergantung dari lukanya juga, kalo dibilang lebih cepet ketimbang obat lain sih enggak, tetep aja takes time sama bekas lukanya tetep ada. Tapi lebih membantu menyembuhkan ketimbang plester.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete