A Playlist, When You're Lost

by - Sunday, October 11, 2020



Menjadi melankolis, ingin sendiri, berlarut-larut dalam perasaan tersiksa dan bingung. 
 
Begitulah aku ketika merasa hilang. Cerita sama orang lain selalu serba salah, karna aku ingin didengar dan aku ingin mendapatkan solusi yang sama seperti yang aku pikirkan. Layaknya aku cerita karna aku ingin memastikan kalau solusi yang aku pikirkan merupakan sesuatu yang benar. Kalau solusinya berbeda aku bakal memberikan lusinan pertanyaan, kenapa bisa mereka berpikir seperti itu bukankah caraku lebih bagus.
 
Jadi seringkali aku memilih sendiri, makan makanan yang pedas sambil nonton film bergenre family biar air mataku keluar. Dilanjut dengan ngedumel sendiri dalam bahasa inggris dan mendengarkan lagu-lagu yang sesuai.
 
Berikut ini beberapa lagu yang biasa aku dengarkan ketika lagi kebingungan, terlebih kalau situasinya ingin menyalahkan diri sendiri.
 
1. Pray

Lagu yang dibawakan Sam Smith ini punya makna yang cukup deep. For me personally, aku lebih suka versi featuring Logic, di mana emosi dari lagu tersebut semakin tersampaikan dari verse rap yang kuat. Lewat lagu ini, Sam Smith bercerita tentang apa yang ada di kehidupan orang lain dan kehidupannya sendiri, tentang bagaimana kita membutuhkan faith untuk tetap melanjutkan hidup ini. 
 
I'm young and I'm foolish, I've made bad decisions
I block out the news, turn my back on religion
Don't have no degree, I'm somewhat naive
I've made it this far on my own
But lately, that shit ain't been gettin' me higher
I lift up my head and the world is on fire
There's dread in my heart and fear in my bones
And I just don't know what to say

....  
 
2. Sweetlife


"Sweet life thrill out my ego." 
 
Aku nggak begitu yakin dengan arti dan makna lagu ini, sejauh ini penafsiranku sih lagu ini berisi tentang seseorang yang lelah dengan kehidupannya. Di mana dia bahkan merasa sudah melangkah terlalu jauh untuk memulai ulang. Walaupun tidak begitu yakin dengan artinya, lagu yang dibawakan oleh Jooyoung, solois Korea Selatan, ini mampu bikin aku semakin merenung kalau lagi hilang akal. 

BTW nomor 2 ini sedikit melenceng, lagu ini nggak masuk di playlist Spotify karna aku nggak nemuin lagu ini di sana, tapi bagi yang penasaran bisa langsung cek di Soundcloud lewat sini.
 
3. November
 

Dari pertama kali dengar lagu ini, aku nggak pernah nyadar kalau ini berisi tentang seseorang yang committe to suicide, sampai pas aku humming iseng dan baru ngeh sama maksud dari liriknya.  
 ... 
This will be my holiday,  
No more living with my fears 
'Cause I gave them all away 
.... 
 
4. Keeping Up
 

Pas aku lagi iseng cari lagu-lagu tidak terlalu popular, aku nemuin NYNE di lagunya yg yang kalo gak salah berjudul Can't Sleep Alone, pas ngulik lagunya yg lain sampailah aku di lagunya yg ini. 
 
Everybody friendly 
But they ready for the kill 
I used to mix a xanny's 
But you know I'd rather feel 
And everybody talkin' 
But they don't say how they feel  
....  
Dari line pertama keliatan kaya setiap orang yang dilihat sama penulis itu sangat nice, but very fake nice. Kaya ketika beberapa orang ngumpul makan bareng, padahal di belakang mereka sudah nyiapin segala taktik buat saling menyerang. 
 
5. Hello
 

Pertama kali dengerin lagu ini tuh pas masih SMP di mana lagi keranjingan sama banget lagu-lagu bahasa inggris. Terus ada yg nyaranin lagu ini di forum kaskus. 
 
Lagu yang dibawakan band Evanesance ini menceritakan tentang adik dari Amy, vokalis band tersebut, yang meninggal di sekolah. Tentang seberapa menyedihkannya perasaan ketika kehilangan salah satu orang yang berharga. 
 
Playground school bell rings, again
Rain clouds come to play, again
Has no one told you she's not breathing?
Hello, I am your mind giving you someone to talk to 
...
 
Selengkapnya sudah aku jadikan satu di playlist Spotify yang bisa kalian nikmati di sini.. Di dalamnya juga berisi lagu-lagu yang senada, kalaupun tidak menggunakan Spotify premium, rekomendasi lagu acaknya pun nggak akan terlalu jauh beda mood-nya dengan lagu-lagu yang aku sebutin di atas.


You May Also Like

4 comments

  1. Hai Rere, aku sempet mengalami hal begitu nih kalo lagi sedih dan sendu. Rasanya menikmati musik sendiri, meski kita akan semakin terbawa perasaan, tapi habis itu pikiran jadi agak mendingan ya. Aku pun suka sama laguny2 evanescene pas SMA dulu. Eh jangan2 kita seumuran yaa? hihi

    salam kenal yaaa. aku mau nyari judul lagu dari playlist di atas ah kali aja cocok nanti diputer pas sendu gt, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mbak Ghina, salam kenal yaa.
      Betul mbak kalo lagi galau atau susah terus dengerin musik tuh jadi ngerasa kaya hidup di dunia sendiri. Aku mulai dengerin Evanescene ini pas SMP, selisih dikit mbak wkwkwkwkwk
      Silakan mbak, bisa juga langsung masuk ke playlistnya biar lebih mudah.

      Delete
  2. Evanescence lagunya sering unik. Yang judul di atas sedih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, agak keras tapi karna yang nyanyi cewek jadi kaya beda kerasnya. Hello lagunya lebih ke pedih si kalo kata aku, sedih yang kaya bikin sakit.

      Delete