Balada Buku yang Belum Terselesaikan dalam 7 Tahun

by - Friday, May 22, 2020



Aku suka baca dari kecil, mungkin sejak aku bisa baca aku mulai seneng buat berkutat sama tulisan-tulisan. Mulai dari komik-komik, bahkan sampai koran bekas bungkus cabe karna membaca memang seadiktif itu buat aku dan cuma sedikit bahan bacaan aku waktu itu.

Hingga akhirnya pas aku masuk SMP, aku nemuin tumpukan buku dan majalah di rumah mbak buyut, tepatnya di storage punya tanteku. Dan salah satu buku yang menarik perhatianku adalah buku yang judulnya aneh banget, Bagaimana Mendapatkan Teman da Mempengaruhi Lawan karangan Dale Carnegie. Dan tanpa basa-basi aku minta ijin buat nge-keep buku tersebut.


Buku ini memuat banyak banget cerita-cerita inspiratif dari beragam latar belakang tokoh. Tapi selayaknya buku-buku non fiksi lainnya, kelemahannya adalah bikin aku gampang bosen dan ninggalin buku itu untuk waktu yang lama. Palingan aku baca kalau udah bener-bener gak ada lagi bahan bacaan, itupun aku cuma milih beberapa bab yang menurutku menarik.

Bahkan salah satu saran pengantar dari penulis di halaman depan, gak masalah buat kita wajib gak baca urut dari depan sampai akhir, tapi milih topik bahasan yang tersedia di halaman daftar isi. Karna memang isi dari buku ini rasanya nggak habis-habis.

You May Also Like

16 comments

  1. Halo mba :D

    Saya pribadi juga punya beberapa buku yang belum selesai dan usianya cukup lama, biasanya buku-buku yang jenisnya serupa dengan buku mba di atas. Jadi saya baca yang memang menarik perhatian saya. Enaknya baca buku yang memiliki banyak kisah inspiratif, kita jadi nggak dipaksa untuk melahap semua sesuai urutan. Jadi memang dipilih berdasarkan minat kita :D

    Eniho, semoga bukunya cepat selesai, ya :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, salam kenal ya.

      Buku kaya gini tuh memang gak bisa dibaca sekali duduk. Kalo sekali dihabisin malah kaya cuma sedikit ilmu yang bisa diambil. Aamiin, semoga cepat selesai.

      Delete
  2. wah temenku juga punya tuh buku tersebut. Versi Inggrisnya. Dia punya sejak 2015 dan baru baca bukunya di tahun ini. Itupun baru 12 halaman. HAHAHA. Emang sih baca buku model begini tuh kadang ga seru. Padahal sebenarnya ada ilmu yang bisa kita dapat ya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya yang versi inggrisnya lebih mudah dipahami, aku kurang bisa mencerna kalimat-kalimat terjemahan hahaha. Dibacanya pas lagi bener-bener gabut atau memang ada mood aja hahaha.

      Delete
    2. wah iya ya. Kalau diterjemahin malah jadi bikin bingung. Harus kumpulin niat ya untuk baca buku ini. Hehe

      Delete
  3. Wah aku malah nggak bisa betah kalau baca buku atau novel, tapi paling betah baca komik atau majalah haha. Ada banyak buku yang aku belum selesai baca juga sampai sekarang, kebanyakan bukunya dari dikasi temen dan sodara. Btw, thanks for sharing :)

    www.luciaberta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komik atau majalah terkesan lebih fun, apalagi kalo topiknya bener-bener kita suka. Sekarang masih ada majalah versi cetak ta? Terakhir aku baca majalah itu majalah aneka yes bekas punya kakak temenku. Walopun aku baca terbitan tahun 2000an di tahun 2009an rasanya kok aku masih relate banget dan ngerasain fun-nya baca majalah remaja.

      Delete
  4. kamu tidak sendiri.. aku pun banyak buku yg belum terselesaikan baca.. dan ada satu buku yg udah kubeli sejak 8 tahun lalu tapi belum selesai dibaca ahaha..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain cuma aku yang suka nunda-nunda begini, apalagi mengingat kalo membaca itu salah satu hobiku.

      Delete
    2. yuk yuk,, mumpung sekarang lebih banyak waktu luang, kita habiskan buku-buku yg blm selesai dibaca..

      Delete
  5. Astagaaa masih kesimpen aja lho walaupun udah 7 tahun. Gue kayaknya ada juga deh beberapa buku yang udah "nyerah" terus akhirnya nggak lanjutin lagi gatau sampe kapan. Ehehehe.

    Btw, salam kenal ya. Kayaknya baru pertama kali deh main ke sini. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk mungkin karna aku yakin itu buku bakal aku baca lagi, jadi masih kesimpen sampe sekarang.

      salam kenal juga, makaih udah nyempetin mampir ke sini.

      Delete
  6. Hi Kak Rere! Salam kenal 😁
    Buku-buku tulisan Dale Carneige banyak banget yang terkenal, aku juga pernah baca salah satu bukunya. Dan bener banget, buku-bukunya ini bikin cepet bosen, bukan karena isinya nggak menarik tapi karena lumayan berat kali ya? Padahal isinya bermanfaat banget bangettt.

    Kalau sekarang gimana? Udah selesai belum baca buku ini? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga yaaa.
      Iya Dale Carnegie memang terkenal banget, dan bukunya banyak dijadiin referensi juga di sekolah-sekolah. Makanya aku masih nyimpen bukunya walopun agak susah bacanya.
      Sampe sekarang masih belum selesai wkwkwk.

      Delete
    2. Iya, memang isinya informatif sekali jadi nggak heran kalau banyak dijadiin referensi.
      Huahahaha semangat habisin bukunya!

      Delete
  7. Baca ini saya jadi ingat buku-buku yang belum terbaca. Hiks...
    Terima kasih sudah diingatkan. Salam kenal

    ReplyDelete