Ganti Nomor Telepon di Akun OVO Lumayan Ribet Juga

by - Saturday, August 17, 2019



Sekitar seminggu yang lalu aku keinget sama simcard aku yang satunya. Aku punya dua simcard yang hilang ini tadinya biasa aku pakai buat daftar paket internet karna cukup worth, tapi karna aku baru pindahan dan di sini gak ada sinyal buat provider itu jadi aku pake sim yg biasa cuma aku pake telpon sms buat sekalian didaftarin paket internet. Nah karna lama-lama henfonku mulai lemot dan henfonku ini hybrid (satu slot micro sim dan satu slot nano sim atau satu slot micro skm sama satu slot micro sd), jadi aku milih buat melepas simcard yang gak kepake buat dikasih microsd aja untuk menunjang performa henfon yg sudah sangat ketinggalan ini.
Rasanya ketinggalan di rumah waktu mudik kemaren dan aku gak punya waktu di weekdays buat klaim ke kantor pelayanan provider. Dan naasnya sih, banyak akun akun penting udah terkait sama itu nomor, dari ojek online sampai ovo, untung mbanking masih pake nomor yg ini.
Jadi sekitar hari rabu kemaren, aku nyoba contact cs OVO via dm twitter buat nanyain bisa dirubah ke nomor lain apa enggak sementara keadaan aku gak pernah pake app ovo di henfon. CSnya bilang, mereka bisa bantu rubah.

Di situ aku di suruh ngelampirin
1. Nomor lama
2. Nomor baru alias yg buat ganti itu
3. Foto ktp
4. Foto selfie pegang ktp
5. Nomor yang bisa dihubungi
Ya otomatis aku langsung reply pake point 1 dan 2 persyaratan, gak menyertakan ktp dan selfie karna dasarnya aku gak pernah verif di ovo dan takut juga data kependudukanku diambil gitu aja.
Ini aku ceritanya prosedural banget.
Gak lama aku dikasih info kalo nomor baru yg aku lampirkan udah terdaftar ovo juga. Dari situ aku inget kalo emang aku coba login ovo pake email tapi ternyata loginnya pake nomor telepon juga, dan aku masukin nomor telepon baru.
Habis itu aku minta bantuan dong. Si CS bilang kaya gitu.
Ya aku iyain aja, karna dasarnya aku perlu banget itu akun.
Hari kamis, masih pagi lah jam 9an aku ditelpon cs dari jkt (dari kode wilayah telponnya) perihal konfirmasi perubahan data akun aja. Aku bingung sebenernya, soalnya permintaan aku sebelomnya gak gitu. Tapi aku iyain aja, mungkin emang prosedurnya gitu.
Aku disuruh buat nyebutin data-data yg semalem aku lampirin buat verifikasi, dan sekali lagi dia minta aku buat nyebutin NIK. Well, aku lagi di kantor jadi aku agak gimana gitu buat nyebutin data pribadi yang menurut aku itu penying banget. Aku tanya ke si penelepon, "Harus banget ya kak nyebutin NIK, soalnya aku pun gak pernah verif ktp di akun tersebut." Dan dia jawabnya, "Gapapa, Bu. Ini cuma buat verifikasi aja."
Like what the hell, cuma sekedar buat verifikasi? I mean sejak beberapa tahun yg lalu, NIK itu sesuatu yang sangat penting. Kita pake simcard pun verifikasi pake NIK loh, jadi riskan banget NIK ini kalo sampe bocor ke orang yg gak kita mau.
Tadinya aku mikir, apa aku texting aja, tapi ragu juga gimana textingnya. Terus ya apa boleh buat, akhirnya aku ngambil ktp dan nyebutin nomornya pelan.
Siangnya sehabis makan siang aku ditelpon lagi tuh, kali itu perihal penghapusan akun dan meminta data yg serupa.
Tapi malamnya aku dapat dm dari cs di twit kaya gini.


Oke iam done, aku udah nyebutin semuanya dengan benar. Sampe akhirnya aku putus asa dan login ovo pake nomor yg ada terus skrinsut profile buat aku kasih ke dia.

Jumat kemaren, aku dapat 2kali telpon kalo gasalah dari nomor +0211xxx. Aku gak angkat karna aku rasa itu dari kredol atau nomor nomor setan dan emang lagi jam kerja juga, aku kira juga OVO udah gamau ngurusin permintaan aku. Jadi aku biarin aja.
Pas malem aku baru pulang aku dapet telpon lagi dari +0211xxx itu dan aku angkat. Aku udah siap siap kata kata halus buat nolak ditawarin asuransi atau apapun, bahkan kemungkinan kalp itu nomor semacem momo challenge.
Baru aku angkat hening sekitar 3detik, baru deh aku nyolot, "Halo dari mana ini?"
Dan dia baru nyebutin dia dari OVO buat konfirmasi data lagi perihal pergantian nomor. Kedengerannya dia masih baru, soalnya nadanya masih gugup dan agak terbata serta kurang komunikatif macem dua cs yang sebelomnya nelpon. Tapi berkat dia juga, aku dapet kejelasan dari problem akun ovo ini. Dia bilang sih prosesnya bakal memakan waktu sampe 3hari kerja, jadi aku pastiin ke dia paling cepat itu hari Rabu ya. Aku sih oke aja, karna ya mau gimana lagi.
Eh tadi pagi pas bangimun tidur cek notif twitter, ada dm dari pihak ovo yg bilang kalo akunnya udah berhasil diganti nomor. Aku langsung coba login dan cek saldo, alhamdulillah aman semua.






Okay, tips aku buat yang punya problem serupa sama aku.
1. Pastikan data di akun lama, dari nama, nomor telepon, dan email serta saldo maupun poinnya.
2. Bukti screen capture bahwa itu bener bener akun kalian.
3. Oh iya jangan lupa data ktp atau apapun buat kalian yang sudah upgrade ke premiere.

Dan satu kalimat perihal ini adalah, verifikasi nomor telepon pake nik is a suck.

You May Also Like

3 comments

  1. Kalau saya bikin baru sekalian, jadi saya punya 2 akun Ovo, cuman yang 1 jarang saya gunakan, soalnya nomor tsb tersebar di mana-mana, takut ada orang iseng.
    Tapi seringnya ada beberapa teman yang baik hati suka kirim saldo Ovo ke nomor yang tersebar tsb, masha Allah :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete