3 CARA YANG BIKIN KAMU PERCAYA DIRI

by - Sunday, July 07, 2019




Sebenernya ini berawal dari cuitan seseorang lewat akun autobase di twitter yang ngungkapin cerita minder versi dia. Aku yang pada dasarnya punya kasus yang sedikit mirip jadi tertarik.



Nah dari situ aku baca-baca tanggapan dari yang lain, bukannya ikut tersemangati aku kok malah ngerasa, "hih ini apa si." Dan kemudian aku reply itu cuitan pakai tanggapan versi aku. Ngeliat engagment yang seperti itu, aku jadi ngerasa kayanya memang banyak orang 'minder' punya cara penanggapan yang mirip sama aku.

Hal ini juga udah dibahas seseorang di salah satu thread di twitter (bisa dibaca di sini.)  yang dia buat soal how to handle depression peeps, dan beberapa tanggapan dia cukup masuk di aku. Aku juga beberapakali nonton 'yutuber' storytime soal itu dan mengambil beberapa pointnya.
link minyo.

Untuk aku sendiri, gimana aku survive dan ngerasa aku itu manusiawi dan masih layak hidup tuh kaya berikut.

1. Damai semua kondisi yang dimiliki
Aku ngutip dari Kak Minyo (link di atas), inti dari segala hal adalah DAMAI. Damailah sama apa adanya diri sendiri. Damai kalo warna kulitku gak sawo matang dan kusam. Damai sama keadaan ekonomi aku yang biasa aja, damai  sama bentuk tubuhku yang gak tau ini namanya apa. Dan seterusnya, dan seterusnya.
Dengan begitu pas orang lain ngatain, "hEh koK kuLiT lO iTemAn yAaa" aku bisa at least menerima. Lah emang kulit aku item kok.

2. Gimana pendapat lingkungan soal keadaan fisik yang dimiliki
Dewasa ini orang orang di sekitarku masih menganggap orang kulit putih ke kuning langsat itu lebih cantik. Walopun udah banyak banget perempuan-perempuan berkulit lebih gelap bermunculan di layar kaca macem Marion Jola, dan teman teman, tapi pamor kulit hitam masih ketimpa sama kulit putih apalagi pas ngehypenya koreakoreaan di sini. Serta standar kecantikan lainnya, seperti tubuh langsing, rambut lurus.
Dan aku pun gak mungkin semudah itu merubah pola pikir seseorang dengan kalimat, "everyone have their own beauty" atau apalah kata-kata lainnya.
Jadi aku mulai dengan bilang ke diri sendiri, kalo di mata orang lain aku tuh keliatannya gak cantik dan kayanya emang aku gak perlu keliatan cantik di depan mereka. Sehingga pas nanti orang ngatain, lOjElEkLoJeLek, gak bakal kaget karna aku udah yakin mereka gak akan nganggep aku keliatan cantik.

3. Jangan lakukan sesuatu yang bikin makin down
Misalnya membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain. Kalo misalnya emang pengen tau caranya untuk look good, atau biar bisa sekaya itu, dan tujuannya emang untuk dipelajari ya silakan. Membandingkan yang aku maksud disini itu semacem, "yaampun kok aku jelek banget ya foto di samping dia" dan semacamnya. Yang kaya gitu kan jelas gak sehat bandinginnya.

Btw ini cara aku, buat yang baca kalo kalian ngerasa ini cocok silakan dicoba. Kalopun gak cocok, nantinya pasti bakal nemuin 'obat' dari perasaan minder ini.

Jujur ya, gak mudah untuk sampai di tahap bener bener damai. Pas aku nulis inipun, aku masih naik turun bahkan hati hati banget sama orang lain.

sumber gambar : https://pin.it/pprth2n7qkv25u

You May Also Like

0 comments