Cara Aku Bikin Foto Mozaik

by - Monday, September 14, 2015


First tutorial, kali ini saya akan mencoba membuat tutorial foto mozaik dengan menggunakan software Photoshop. Saya menggunakan Ps CS5, tapi cara ini bisa dipakai untuk cs-cs sebelumnya, cs6 cs7 juga bisa kok wk.
Sebelumnya siapkan foto utama (usahakan yang resolusinya besar) dan beberapa foto untuk foto penyusunnya (usahakan lebih dari 20 foto yang berbeda).
Setelah itu mari kita mulai eksperimen ini
1.       Buka software Ps dan buka foto utama yang telah disiapkan.


2.       Kemudian buatlah garis garis pembantu dengan drag and drop dari ruler, untuk menampilkan ruler silakan tekan Ctrl + R pada keyboard. Untuk foto portait sebaiknya menggunakan garis vertikal, tapi untuk foto lanscape akan lebih bagus jika menggunakan garis melintang atau horisontal.

 3.       Setelah itu bukalah foto penyusun.


4.       Kembali ke foto utama, zoom foto tersebut untuk memudahkan proses penataan foto penyusun. Kemudian letakkan satu foto penyusun dan transformasi hingga mendapatkan ukuran yang sesuai dengan garis pembantu tadi.

5.       Lakukan step 4 terus menerus hingga foto penyusun memenuhi foto utama.


6.       Setelah foto utama penuh, blok semua layer (kecuali layer background) dengan menekan shift pada layer teratas dan terbawah. Dan kemudian tekan Ctrl + E untuk menyatukan semua layer


7.       Karena foto penyusun masih terlihat terlalu besar maka transformasi lah foto tersebut. Hilangkan semua garis pembantu, sisakan satu untuk membagi menjadi dua, lalu transformasi layer foto penyusun menjadi seperempat foto utama. 

8.       Tekan Ctrl + J untuk menggandakan layer foto penyusun dan tatalah. Lakukan tiga kali, hingga layer foto penyusun memenuhi foto utama. Kemudian satukan kembali keempat layer foto penyusun tersebut.


9.       Lakukan step 8 beberapa kali hingga mendapatkan ukuran untuk foto penyusun yang diinginkan.


10.   Hampir selesai, ubahlah layer style pada layer foto penyusun menjadi softlight atau overlay.


11.   Kemudian sesuaikanlah kejelasan dari foto utama. Di sini saya hanya menyesuaikan curve (Ctrl + M) dan level (Ctrl + L).

Setelah itu lakukan finishing, saya memberikan filter yang saya download dari situs devianart.com, sentuhan lain juga diperbolehkan untuk menambah estetika foto.





Dan tarrrraaaaaaaaaa saya sudah selesai. Bagaimana? Mudah bukan, hanya butuh sedikit ketelatenan saja untuk menyelesaikannya.

Berikut beberapa hasil saya yang lain.


Kim Chanmi mozaik

Euaerin mozaik


Oh Hayoung mozaik


Krystal Jung mozaik


Sekian tutorial kali ini, jika ada yang kurang jelas, kritik saran bisa langsung komen atau bisa juga kontek/? Saya di twitter @xxagrn. Terima kasih.


You May Also Like

2 comments